Home / Uncategorised / Akhir Pekan: Yuk Kunjungi ALC Charity Bazaar 2016!

Akhir Pekan: Yuk Kunjungi ALC Charity Bazaar 2016!

ALC (Asean Ladies Circle) Cairo adalah organisasi sosial yang menunjang promosi kegiatan dari negara anggota ASEAN yang ada di Mesir. Selain itu, ALC juga tersebar di beberapa negara di dunia.

ALC Cairo beberapa kali telah mengadakan kegiatan Bazar. Kali ini terhitung yang kedua kalinya. Adapun peserta bazar adalah perwakilan dari kedutaan dan dari masyarakat atau mahasiswa dari setiap negara. Setiap perwakilan akan menampilkan kuliner dan kebudayaannya masing-masing. Untuk perwakilan dari Indonesia, pihak kedutaan sudah mengutus delegasi dan untuk perwakilan mahasiswa ada Depot La Tansa dan Rendy Sate Padang mewakili kuliner Indonesia yang beragam. Selain menjajakan kuliner, Indonesia juga akan menampilkan budaya nusantara, yaitu Silat (Indonesian Martial Art) dan Tari Zapin.

Penyelenggaraan bazar ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh keduataan negara ASEAN di Mesir. Menurut ibu Ani Aribhimo, koordinator acara ALC untuk Indonesia, tujuan diadakannya bazar ini tidak lain adalah untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat ASEAN yang berada di Cairo dan sekitarnya. “Kami sadar bahwasanya jumlah masyarakat ASEAN di Cairo mayoritas dari kalangan mahasiswa.” ujarnya.

Beliau berharap diadakannya bazar ini bisa menjadi ajang silaturahmi mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa negara ASEAN lainnya. Selain itu, untuk jangka panjangnya diharapkan akan terjalin kerjasama khususnya di kalangan mahasiswa baik di bidang diskusi akademik, olahraga, budaya atau bidang yang lainya.

Bazar ini juga wahana kegiatan amal bakhti. Panitia bazar menyediakan game, di mana peserta yang mengikuti game akan menyumbangkan donasi seikhlasnya untuk memilih hadian yang telah disediakan. Setelah itu, donasi yang terkumpul dari game dan dana hasil penjualan bazar akan disumbangkan untuk kegiatan amal di Mesir. Baik ditujukan kepada masyarakat Mesir atau komunitas masyarakat ASEAN di Mesir yang membutuhkan guna membangun kepedulian sesama.

Acara ini dibuka untuk umum: seluruh masyarakat dari negara anggota ASEAN seperti Indonesia, Brunai, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Singapura pada Sabtu (5/3) dari pukul 10.00- 15.00 CLT di Malaysia Hall, Abbasiah, Kairo. Khusus bagi kalangan mahasiswa tidak dikenakan biaya masuk alias gratis dengan ketentuan menunjukkan ID atau kartu pelajar. Sedangkan untuk masyarakat umum dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 Le, yang nantinya juga dikumpulkan untuk amal.

“Kita membuka ajang kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk bertemu dengan mahasiswa ASEAN lainnya. Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mari kita beri semangat untuk teman-teman yang mewakili Indonesia dan tunjukkan Indonesia negara yang besar, beragam budaya, ramah, santun dan siap tampil sigap di depan.” Pesan beliau untuk mahasiswa Indonesia yang ada di sini. (ida)

*Berita ini ditulis berdasarkan wawancara dengan ibu Ani Aribhimo, koordinator acara ALC untuk Indonesia.

Comments

comments

Lihat Juga

Darul Lughoh: Antara Bolos dan Ongkos

Membolos ternyata masih digemari. Khususnya bagi kalangan murid Darul Lughoh Universitas Al-Azhar. Ada yang bolos …