Home / Uncategorised / 5 Bahaya Penggunaan Wadah Berbahan Plastik

5 Bahaya Penggunaan Wadah Berbahan Plastik

Musim panas memang mengharuskan kita untuk selalu membawa air minum ke mana-mana. Maka dari itu, banyak dari kita menggunakan botol bekas untuk diisi dengan air minum. Selain karena instan dan tidak merepotkan, botol yang terbuat dari plastik sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana. Maka dari itu kebanyakan orang lebih memilih untuk membawa minuman dengan menggunakan wadah yang berbahan plastik.

Namun tahukah Anda jika menggunakan sembarang wadah berbahan plastik sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh? Bagi yang belum tahu, maka ada baiknya untuk mengetahui bahaya tersebut. Simak ulasannya berikut ini:

1. Masalah Reproduksi

PS (polystyrene) ditemukan tahun 1839, oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Jerman. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Senyawa tersebut biasanya terdapat pada tempat makan Styrofoam, tempat minum sekali pakai. Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan. Bahan ini harus dihindari karena mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi. Sebagai solusi ketika menggunakan styrofoam, tidak langsung disentuhkan dengan makanan, bisa dilapisi dengan kertas nasi.

2. Gangguan Sistem Hormon

Botol bayi menjadi benda banyak beredar di masyarakat. Ketika tidak cermat memilih jenis botol, bahaya bisa terjadi pada bayi jika bahan yang digunakan ternyata tidak tepat. Salah satu bahan berbahaya yaitu polycarbonate atau sering disimbolkan dengan PC. Bahan ini dapat mengeluarkan bahan utamanya, Bisphenol-A, yang merusak sistem hormon. Bahan ini berbahaya ketika bersentuhan dengan air panas. Salah kaprah di masyarakat salah satunya perebusan botol bayi, entah untuk sterilisasi atau apa, yang dimaksud untuk membersihkan malah yang terjadi membahayakan. Untuk yang aman, pastikan menggunakan botol dengan simbol PP (polypropylene).

3. Gangguan Hati dan Ginjal

Gangguan hati dan ginjal bisa disebabkan oleh reaksi yang terjadi antara makanan atau minuman dengan plastik berbahan dasar PVC (polyvinyl chloride). Bahan ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus dan botol-botol. Wadah plastik berbahan PVC biasanya disimbolkan dengan angka 3 serta huruf V di dalam tanda segitiga daur ulang.

4. Penyebab Kanker

Bahaya ini terdapat pada bahan plastik dengan bahan dasar PET (Polyethylene Trephthalate). Biasa dipakai untuk botol plastik, berwarna jernih atau transparan seperti botol air mineral, botol jus, dan botol minuman lainnya. Botol jenis ini disarankan hanya sekali pakai. Bila berulang dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (penyebab kanker) dalam jangka panjang. Untuk mengenali botol berbahan dasar PET/PETE, biasanya dalam simbol segitiga daur ulang terapat kode angka 1.

5. Gangguan Sel

Satu lagi yang perlu diwaspadai dari penggunaan wadah plastik adalah kontaminasi zat warna plastik dalam makanan. Contohnya, membeli gorengan di pinggir jalan dalam keadaan panas-panas lantas langsung dimasukan ke dalam plastik hitam. Ternyata, zat pewarna hitam ini bila terkena panas, bisa terurai dan terdegradasi menjadi bentuk zat radikal beracun yang berbahaya bagi kesehatan terutama dapat menyebabkan sel tubuh berkembang tidak terkontrol seperti pada penyakit kanker.

Hidup hemat dan sederhana adalah anjuran agama, memanfaatkan barang yang tidak terpakai atau baru sekali dipakai merupakan wujud hemat kita tanpa harus membeli barang baru, akan tetapi tidak semua barang yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan, kadang malah bisa membahayakan diri kita dan juga kesehatan kita.

Seperti halnya barang-barang berbahaya tadi, botol bekas air mineral, styrofoam sekali pakai dsb. Mari sayangi diri kita, jadikan botol plastikmu menjadi karya senimu. (lupi/raisah)

Sumber :
1.en.wikipedia.org  2. pangansehati.wordpress.com

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Final CCL, Munculnya Juara Baru

Kairo, kswmesir(6/9) – Akhirnya gelaran Cempe Champions League(CCL) berakhir dengan anti klimaks. Barcelona yang mengirimkan …