Home / Ngulik / 5 Hal yang Hanya Ada di Mesir Selama Ramadhan

5 Hal yang Hanya Ada di Mesir Selama Ramadhan

Kairo, kswmesir.org (8/7) Berbicara mengenai keunikan-keunikan yang ada di Mesir pasti tidak akan ada habisnya, apalagi pas bulan ramadhan seperti ini.

Beberapa hal yang biasa kamu temui disini tapi tidak kamu temui di Indonesia atau jarang kamu temui lebih tepatnya, apa sajakah itu, nih langsung aja kami sajikan lima hal selama ramadhan yang kamu jarang temui di Indonesia tapi sering ditemui di Mesir;

1

  1. Maidaturrahman

Adalah hidangan gratis untuk sahur,, eih salah untuk buka puasa. He he he. Kok gratis ? darimana dananya? Dari pemerintah? Ouh bukan dari pemerintah, kita ngak tahu siapa yang menanggung biaya maidaturrahman dan darimana dana tersebut, yang jelas di Mesir banyak muhsinin itu tuh para dermawan, ngak cuma satu low maidaturrhman ada dimana-mana, dijalan, depan toko, ataupun dimasjid khususnya di daerah Darasah. Maidaturrahman ini seperti rumah makan, ada kursi plus meja bahkan saking bagusnya tempat maidaturrahman ada yang bilang restoran gratis. Selain makanan berat, kita juga menjumpai makanan ringan semisal snack terus jus, kurma, soo ngak usah takut ngak bisa buka dijalan.

2

  1. Musaadah

Orang Arab itu terkenal dengan kedermawanannya, mereka bilang alkaram indal arab maksudnya, mereka beranggapan kalau orang baik itu ya orang arab.

Di bulan-bulan biasa, orang-orang Mesir sendiri sering berbagi, bisa kita temui di masjid-masjid tertentu pemberi bantuan, makanya ketika bulan ramadhan tiba ngak jarang mereka mengasih sesuatu yang lebih khususnya mahasiswa asing, ngak heran deh kalau bulan puasa bagi sebagian Masisir kebanjiran duit, jadi kaya mendadak. Hal itu karena orang Mesir memang berlomba-lomba dalam berbuat baik, berbagi sedekah sebanyak-banyaknya,  menjadikan bulan ramadhan yang penuh berkah ini kesempatan umtuk mencari pahala.

Saking banyaknya  musaadah, ada low sebagian Masisir mampu membeli laptop dengan duit yang dikumpulkan dari musaadah.

3

  1. Malam Jadi Siang, Siang Jadi Malam.

Bukan hanya Masisir saja yang menjadikan malam menjadi siang, siang jadi malam, warga Mesir sendiri seperti kelelawar dari anak-anak sampai orang dewasa. Malam hari rameeeeeeeee, aktifitas dilakukan pada malam hari, anak-anak pun bermain pada malam hari, main petasan, main bola, lari-lari dsb. Sebaliknya, pada siang hari sepi sunyi karena mereka habiskan untuk tidur.

4

  1. Kusyari Tutup

Coba aja perhatin dari tahun ke tahun, setiap bulan puasa mesti kusyari ini tutup. Semua kusyari tanpa terkecuali, baik kusyari Syekh, kusyari Basha dll. Kenapa ya?? kswmesir.org juga belon tahu jawabannya. Masih menjadi misteri hingga detik ini.

3

  1. Fanush

Fanush itu sejenis dan ibarat lampu hias. Bentuknya bermacam-macam dan warnanya berwarna-warni, juga harganya berbeda-beda. Fanous ini menjadi ikon khusus di Mesir dalam menyambut  bulan suci, guys. Di Mesir sendiri akan kita jumpai bejibun Fanush yang tergantung di banyak toko dan rumah.(zak)

Tentang admin

Lihat Juga

5 Tempat Wisata Favorit di Mesir

Mesir adalah negeri yang memiliki peninggalan sejarah dunia dan sejumlah tempat pariwisata yang memukau. Hampir …