Home / TIMTENG / Al-Azhar Bagikan Zakat Sebesar 17 Juta Pounds, Senilai 31 Milyar Rupiah

Al-Azhar Bagikan Zakat Sebesar 17 Juta Pounds, Senilai 31 Milyar Rupiah

Kairo, kswmesir.org (11/9) – Baru-baru ini Prof. Dr Ahmad Tayyib, Grand Syaikh Al-Azhar, pimpinan tertinggi lembaga Al-Azhar Mesir menyetujui untuk menyalurkan zakat kepada penerima zakat (mustahiq zakat) sebesar 17 juta pound Mesir.

Uang yang setara dengan 31 milyar rupiah (kurs XE.com) tersebut, akan dibagikan kepada penerima zakat di berbagai daerah di Mesir.

Menurut Syaikh Muhammad Abd pimpinan utama urusan zakat Al-Azhar mengatakan, bahwa penyaluran zakat dimulai sejak tanggal 1 September kemarin dan untuk tahun ini memasuki penyaluran yang ketiga.

Dalam penyalurannya Lajnah Zakat tersebut menyalurkan zakatnya setiap tiga bulan sekali, dimulai setiap awal bulan Maret, Juni, September dan Desember.

Masih menurut Muhammad Abd, zakat ini hanya diperuntukkan kepada keluarga miskin yang memenuhi kriteria Al-Azhar. Untuk pengambilan zakat sendiri bisa dilakukan di semua kantor pos yang ada di Mesir, tak kurang dari 63 ribu keluarga mendapatkan pembagian zakat.

Sebagai tambahan Al-Azhar sendiri tidak hanya mengurusi masalah zakat, berbagai lembaga pendidikan ada dibawah naungannya, mulai dari SD, SMP, SMA sampai Universitas tersebar di seluruh pelosok Mesir, jutaan orang telah lahir dari lembaga pendidikan ini. (6)

Sumber : www.azhar.eg/sawt-al-azhar edisi 8 september 2015, diterjemahkan bebas tanpa mengurangi makna dan isi.

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Gubernur Kairo: Seminar dan Lokakarya Seni Budaya di Kafe Asmaraat dan Moez di Ramadhan

Ir. Atef Abdel Hamid, Gubernur Kairo mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan Kairo akan menyelenggarakan seminar dan …