Home / KSW NEWS / Bank Dunia Kucurkan 500 juta dollar untuk Tunisia

Bank Dunia Kucurkan 500 juta dollar untuk Tunisia

Kairo, kswmesir.org (3/10) Bank Dunia pada 2 oktober kemarin sepakat untuk memberikan bantuan kepada Tunisia sebesar 500 juta dollar Amerika, bantuan ini digunakan untuk membantu perekonomian serta meningkatkan sektor pariwisata yang mengalami kemerosotan tahun ini.

Terpukulnya sektor pariwisata Tunisia tahun ini tak lain disebabkan karena adanya serangan bersenjata dari para teroris, dalam serangan tersebut tak kurang dari 50 wisatawan meninggal dunia.

Pada bulan Juni yang lalu seorang separatis bersenjata menyerang resort wisata pantai Sousse yang menyebabkan 38 meninggal dunia, 30 diantaranya berkewarganegaraan Inggris. Hal ini merupakan sejarah kelam Tunisia di sektor pariwisata.

Di sisi lain, tiga bulan sebelum adanya penyerangan tersebut, dua orang bersenjata membunuh 21 wisatawan pada sebuah bis pariwisata didekat museum Pardo di ibukota Tunisia.

Perlu diketahui pariwisata merupakan salah satu sektor penting penyokong perekonomian Tunisa, jika diprosentasikan dalam satu tahun, sekitar 18 sampai 20 persen devisa negara berasal dari sektor ini.

Tidak hanya itu saja, dari pariwisata sendiri memberikan kontribusi sekitar 7 persen pada produk domestik bruto negara tersebut, dan merupakan sektor kedua setelah pertanian yang menyumbang lapangan pekerjaan lebih dari setengah juta orang.
Tunisia sendiri menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonominya dari 3 persen menjadi hanya 0,5 persen.

Bank dunia sendiri mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa pinjaman yang diberikan dimaksudkan untuk membantu restukturisasi bank umum dalam rencana reformasi pemerintah untuk menghidupakan kembali perekonomiannya. (6)
Diterjemahkan dari berita ini 

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mantan PM Jordania: “Keadaan Arab dan Islam tidak Berjalan sebagaimana mestinya”

Selasa ini (23/10) merupakan hari kedua simposium internasional Al-Azhar di ACC (Al-Azhar Conference Center). Youm7.com …