Home / Uncategorised / Berikut Dana dari KBRI untuk Acara Lebaran Tahun Ini

Berikut Dana dari KBRI untuk Acara Lebaran Tahun Ini

Kairo, kswmesir.org (10/7) – Biasanya, setiap hari raya idul fitri, Masisir hampir pasti melakukan shalat id bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan bersalam-salaman, pertanda saling memaafkan satu sama lain. Tradisi khas tanah air ini selalu diadakan, setidaknya untuk sedikit mengobati rasa rindu dengan keluarga di kampung halaman masing-masing. Acara tersebut kemudian diakhiri dengan makan-makan, sehingga nuansa Indonesia yang ramah dan hangat sangat terasa di tengah-tengah para perantau yang belum mau atau tidak sempat mudik ini.

Nah, untuk tahun ini, dimana hari raya akan tiba kurang lebih satu minggu lagi, rencananya juga bakal diadakan hal serupa. Kemarin, Kamis, 9 Juli, di konsuler KBRI Kairo, diadakan rapat terbatas untuk membahas rangkaian acara lebaran. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari KBRI, presiden PPMI, ketua Wihdah, serta ketua-ketua kekeluargaan atau perwakilannya.

Dalam rapat tersebut, pihak KBRI memberitahukan bahwa anggaran untuk acara lebaran tahun ini adalah 1000 dolar. Nominal yang menurut beberapa mahasiswa terlalu minim, dikarenakan adanya pemangkasan dari pihak pusat. Namun KBRI tidak menjelaskan secara detail berapa banyak dana yang dipangkas tersebut. Uang 1000 dolar ini akan diserahkan oleh KBRI kepada PPMI untuk dikelola sedemikian rupa, sehingga yang memegang urusan teknis dan eksekusi nantinya adalah PPMI.

Adapun rangkaian acara lebaran sendiri akan diselenggarakan dalam waktu dua hari, yaitu tanggal 17 dan 19 Juli. Pada tanggal 17 Juli, yang bertepatan dengan hari pertama bulan syawal, akan digelar shalat id bersama di masjid As-Salam, Bawwabah, seperti biasa. Sedangkan di tanggal 19 Juli, akan diselenggarakan open house dan acara olahraga yang bertempat di Nadi Nasr, atau Nasr City Sporting Club, Hay Sadis, dan akan dihadiri oleh duta besar Indonesia untuk Mesir, Nur Faizi Suwandi, serta para pejabat KBRI. Acara ini dilakukan sebagai temu kangen dengan mahasiswa sebelum duta besar turun jabatan tahun ini.

Menurut Pensosbud KBRI Kairo, Lauti Nia Astri Sutedja, Nadi Nasr dapat digunakan secara gratis berkat kerjasama KBRI dengan kementerian olahraga Mesir. Bahkan, “Menpora” Mesir telah mengizinkan penggunaan tempat tersebut sebagai sarana olahraga, kepada warga Indonesia setiap seminggu sekali secara gratis, bahkan “Menpora” Mesir juga memberikan kebebasan untuk menentukan harinya. (kim)

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Final CCL, Munculnya Juara Baru

Kairo, kswmesir(6/9) – Akhirnya gelaran Cempe Champions League(CCL) berakhir dengan anti klimaks. Barcelona yang mengirimkan …