Home / Uncategorised / BWAKM Ada Untuk Masisir

BWAKM Ada Untuk Masisir

Kairo, kswmesir.org (18/6) Sejak beberapa hari lalu, wacana yang menyebutkan bahwa dana temus yang mengalir ke BWAKM dipergunakan dengan tidak sebagaimana mestinya, cukup memantik bola api, hingga ada beberapa pihak yang merasa “terbakar” oleh geliat bola api tersebut. Bahkan tak sedikit peserta temus tahun lalu yang mencibir dan geram dengan kabar yang mulai tersebar ketika proses screening calon peserta temus berlangsung di konsuler KBRI Kairo, 6 Juni lalu.

Menanggapi hal tersebut, Selasa, 16 Juni kemarin, tim kswmesir.org menemui penanggung jawab penuh BWAKM, Windratmo Suwarno, atau yang kerap disapa Pak Win, di KBRI Kairo, Garden City, untuk meminta klarifikasi perihal benar atau tidaknya berita yang beredar tersebut, serta bagaimana korelasi BWAKM terhadap PPMI. Berikut hasil wawancara kami dengan Pak Win.

Baca:  Aliran Dana Iuran Wajib Temus

Tim kswmesir.org : Begini pak, pertama kami ingin menanyakan hubungan antara BWAKM dengan PPMI ini seperti apa? Apakah (BWAKM -red) sejajar atau dibawah PPMI?

Pak Win : Sebenarnya BWAKM itu didirikan untuk membantu warga negara Indonesia yang kurang mampu, terutama mahasiswa Indonesia yang belum mencukupi kebutuhan sehari-harinya dan BWAKM ini didirikan kurang lebih tahun 2005 ketika terjadi tsunami. Cerita ini didapat dari pak salim (Bapak Nur Salim, mantan pensosbud KBRI Kairo -red). Sedangkan mengenai iuran yg diminta oleh temus saya tidak memiliki datanya, tapi mungkin dari PPMI punya dasarnya kenapa BWAKM mendapat jatah.

Tim kswmesir.org : Kalau secara struktural, BWAKM dan PPMI itu bagaimana?

Pak Win : Secara struktural, PPMI dan BWAKM terpisah, dan dua lembaga yang berbeda. Karena BWAKM terbentuk dari kepala perwakilan yang menunjuk koordinator untuk mengurus BWAKM. Jadi, ketua atau direktur BWAKM itu ditunjuk oleh kepala perwakilan. Sedang ketua atau direktur BWAKM itu menunjuk local staff untuk mengurus BWAKM. Kemudian karena kita tidak bergerak sendirian, kita membentuk pelaksana harian. Ada ketua, yang bertugas untuk menyampaikan dana kepada setiap mahasiswa. Karena kita tidak bisa turun sendirian, pelaksana tugas harian itu, menyampaikan laporan-laporan perkembangannnya.

Baca :Mantan Temus : “Setahu Kami Untuk Beasiswa Mahasiswa”

Tim kswmesir.org : Sebagaimana kita ketahui, pengolahan dana temus dari PPMI itu dialokasikan ke kekeluargaan dan senat. Mereka dibawah naungan PPMI. Nah menarik untuk ditanyakan, kalau BWAKM itu tidak ada hubungan dengan PPMI, lantas atas dasar apa, atau undang-undang mana, atau keppres zaman siapa, atau hal lain mana yang dijadikan dasar?

Pak Win : Justru itu yang juga saya mau tanyakan, atas dasarnya apa. Mungkin PPMI dan anggotanya punya data atas dasar apa BWAKM diberikan.

Tim kswmesir.org : Jadi bapak sendiri kurang tahu?

Pak Win : Iya, kami kurang tahu. Mungkin, atas dasar bahwa BWAKM bertujuan untuk membantu mahasiswa. Sekarang ini ada 77 mahasiswa yang disantuni oleh BWAKM. 77 mahasiswa itu 58 orang S1, 300 Le per orang per bulan. 17 orang S2, 350 Le per orang per bulan, 2 orang S3, 400 Le per orang per bulan. Jadi sebulan kita mengeluarkan 24.150 Le. Lalu yang diberikan oleh PPMI 13.650 Le satu tahun. Sedangkan kita sebulan mengeluarkan 24.150 Le. Dari mana saja dananya? Pertama, dana dari sumbangan para muhsinin yang ada di negara asing, (yang dipegang -red) oleh pak Muhammad Nabil. Kedua, oleh local staff dan home staff yang ingin menyumbangkan dananya setiap bulan. Ada yang rutin, ada yang tidak rutin.

Klarifikasi :

Sebelumnya dalam berita; 13.600 Le Masih Kurang, Transparansi Dipertanyakan disebutkan “BWAKM, melalui perwakilannya di rapat screening berkas pendaftaran calon tenaga musim haji 2015 yang dilakukan di aula konsuler KBRI Kairo, 6 Juni kemarin, menyatakan bahwa dana untuk BWAKM sebesar 13.600 Le dinilai masih kurang” dalam hal ini BWAKM diwakili oleh saudara Syahrul Syarif. 

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Final CCL, Munculnya Juara Baru

Kairo, kswmesir(6/9) – Akhirnya gelaran Cempe Champions League(CCL) berakhir dengan anti klimaks. Barcelona yang mengirimkan …