Home / KSW NEWS / ◦ Almamater / FAS Mesir Peringati Haul KH. Zubair Ke-42

FAS Mesir Peringati Haul KH. Zubair Ke-42

Pertengahan ramadhan ini menjadi hari spesial bagi kawan-kawan FAS(Forum Alumni Sarang) Mesir. Pasalnya, tepat pada hari sabtu 13 ramadhan terselenggara satu agenda besar dalam rangka haul KH. Zubair yang ke 42. Acara ini 2 hari lebih awal di adakan dari acara puncak yang terselenggara di pondok pesantren al-Anwar, Sarang, Rembang.

Acara yang bertempat dikediaman Ust. Mahmudi Muhson, MA ini selain di hadiri oleh keluarga FAS, hadir juga beberapa tamu undangan. Tepat pukul 5 sore acarapun di mulai. Di awali dengan pembukaan, kemudian pembacaan ayat suci al-Quran oleh Abdul Kholiq. Sambutan dari keluarga FAS menjadi acara selanjutnya, yang kali ini di sampaikan oleh Nurul Ahsan.

Acara selanjutnya pembacaan al-Quran serta do’a khatmil quran, yang di susul dengan pembacaan tahlil. Semuanya begitu khidmat melantunkan setiap ayat al-Quran. Karena sudah menjadi hal yang lazim bahwa peringatan haul di isi dengan do’a yang di tujukan kepada para masyayikh. Dan acara ini selain memperingati haul KH. Zubair, juga pada umumnya untuk mendoakan para masyayikh pondok pesantren di Sarang, Rembang.

Menuju acara puncak pada sore itu, yaitu mau’idhah hasanah, yang sebagai pembicara Ustadz Mahmudi Muhson, MA. Kemeriahan acara bertambah ketika beliau menyampaikan mau’idhohnya. Ada 2 poin yang beliau sampaikan pada kesempatan itu. Pertama, bahwa pada setiap peringatan haul, sudah menjadi hal lazim untuk mendoakan serta membaca tahlil yang pahalanya kita sampaikan kepada para masyayikh. Meski demikian, masih sering kita temui beberapa orang yang menganggap hal demikian sebagai bid’ah. Maka dari itu, beliau menambahkan beberapa dalil sebagai penguat dan sebagai bukti bahwa rasulullah pun pernah melaksanakan ritual haul.

“hendaknya ada regenerasi….”, papar beliau melanjutkan poin yang kedua. Para masyayikh telah tiada, tentu kita sebagai para santri yang akan menjadi pundak penerus para masyayikh tersebut.

Adzan maghrib pun berkumandang, mau’idhah hasanah berakhir juga, acarapun di tutup dan dilanjutkan dengan buka bersama. Semuanya menikmati hidangan buka dengan begitu lahap dan riangnya.(LL)

Tentang admin

Lihat Juga

Mulai Manuver Politik di Markas Besar, Ja’far Tanpa Koalisi?

Kairo, kswmesir.org- (4/8) Kandidat calon ketua KSW, Ja’far Shodiq Rahman, mulai bergerak cepat menjelang H-4 bursa …