Home / Uncategorised / Hasyim Muzadi : “Islam dan Muslim Itu Dua Hal Yang Berbeda”

Hasyim Muzadi : “Islam dan Muslim Itu Dua Hal Yang Berbeda”

Kairo, kswmesir.org (23/6) Untuk menyemarakkan bulan ramadhan tahun ini, PCINU Mesir menggelar acara bertajuk “Dialog Kebangsaan” pada hari Senin, 22 Juni 2015 kemarin, yang bertempat di aula Wisma Nusantara, Rab’ah. Dialog Kebangsaan yang mengangkat tema “Meneguhkan Indonesia Sebagai Kiblat Peradaban Dunia Islam” ini menghadirkan salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, yang sekaligus Rois Syuriah PBNU, Dr. K.H.A. Hasyim Muzadi, sebagai narasumber.

 

Acara yang dimulai setelah maghrib atau pasca buka puasa ini, juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Mesir Nur Faizi Suwandi, Rois Syuriah PBNU Mesir Mukhlashon Jalaludin, Atase Pendidikan KBRI Mesir Fahmi Lukman, dan sejumlah pejabat penting KBRI lainnya.

Dalam penjelasannya, K.H.A. Hasyim Muzadi memaparkan tentang bagaimana peran dan fungsi Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin, bukan hanya rahmatan lil muslimin saja. Beliau juga mengungkapkan bahwa Islam dan Muslim itu adalah dua hal yang berbeda. Islam itu agama penuh kedamaian, tetapi tidak semua Muslim mampu membawa pesan damai tersebut dengan baik.

Dialog yang memakan waktu kurang lebih dua jam, dan dimoderatori oleh salah satu kandidat doktoral Universitas Al-Azhar, Yunus Masrukhin ini, berlangsung lancar. Beberapa kali terdengar gelak tawa peserta acara saat sang narasumber menjelaskan sesuatu dengan diselingi humor-humor ringan.

 

“Dunia ini ruwet bukan karena kekurangan orang pinter, tapi kekurangan orangbener,” ungkap beliau di sela-sela penjelasannya. (am)

Tentang admin

Lihat Juga

Final CCL, Munculnya Juara Baru

Kairo, kswmesir(6/9) – Akhirnya gelaran Cempe Champions League(CCL) berakhir dengan anti klimaks. Barcelona yang mengirimkan …