Home / Uncategorised / Hujaj; Perjuangkan Masisir di Tokyo

Hujaj; Perjuangkan Masisir di Tokyo

The Internasional Symposium of the Overseas Indonesia Students Association Alliance, adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia atau PPI dunia. Yaitu dengan mengundang beberapa delegasi dari setiap perhimpunan pelajar Indonesia di seluruh wilayah dunia. Selain untuk mempererat tali persaudaraan, symposium ini, juga menjadi semacam wadah “perjuangan”: perjuangan untuk kemajuan Indonesia secara umum dan perjuangan untuk kemaslahatan mahasiswa setiap negara secara khusus.

Pada tahun ini, agenda ini diselenggarakan di ibukota negara sakura, Tokyo. Dan perhimpunan pelajar Mesir dalam agenda ini, diwakilkan oleh wakil PPMI Mesir, Ahmad Hujaj Nurrohim dan ketua Wihdah Choiriah Ikrimah. Beruntung sekali, karena KSW dapat mewawancarai wakil presiden, Hujaj, yang kebetulan juga berkekeluargaan KSW, melalui via facebook, pada hari pertama acara symposium berlangsung.

Berikut wawancara lengkapnya:

Apa saja agenda mas di sana dan berapa hari agenda symposium ini berlangsung?

Hari pertama ada pembukaan symposium oleh duta besar Indonesia untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra. Dihadiri pula oleh presiden Tokyo, Tech yang diwakili oleh Prof. Kiyosyi Okada. Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi panel yang diisi oleh Atdik Tokyo Dr. Iqbal Jawad. Salah satu pointnya adalah memperjuangkan konversi nilai lulusan luar negeri yang merugikan karena standar kuliyah di luar negri yang memang berbeda. Symposium sendiri akan sampai tanggal 23 September 2014.

Tema apa yang dibahas oleh PPI dunia pada kali ini? Serta hal positif apa yang mas Hujaj akan perjuangkan untuk Masisir?

Tema kali ini, mengangkat nilai-nilai positif dari masing-masing negara masing untuk kemajuan Indonesia. Dari seluruh PPI Timur Tengah akan memperjuangkan supaya kuota temus ditambah. Sedangkan PPMI Mesir mengusulkan agar ada kerjasama antar mahasiswa yang mengkaji perbankan Syariah dengan mereka yang belajar perbankan Konvensional di negara lain. Symposium dilakukan di gedung Tokyo Institute of Technologi.

Dan akhirnya, kita hanya dapat berdoa, semoga apa yang diperjuangkan oleh mas Hujaj dapat terealisasi. Amin. (zulfah)

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Final CCL, Munculnya Juara Baru

Kairo, kswmesir(6/9) – Akhirnya gelaran Cempe Champions League(CCL) berakhir dengan anti klimaks. Barcelona yang mengirimkan …