Home / TIMTENG / Ikatan Muslim Dunia Menyeru Iran untuk Menghentikan Pameran Film “Muhammad Rasulullah”*

Ikatan Muslim Dunia Menyeru Iran untuk Menghentikan Pameran Film “Muhammad Rasulullah”*

Ikatan Muslim Dunia (Muslim World League) Makkah dan Madinah melarang perilisan film “ Muhammad Rosulullah “  produksi Iran, yang dipamerkanpada Festival Film Montreal di Kanadahari Kamis minggu lalu. Film ini memperlihatkan penokohan Nabi Muhammad dibeberapa adegannya. Penokohan yang juga disertai dengan sifat dan perilaku-perilaku menyerupai Nabi Muhammad. Pihak Iran yang bertanggung jawab atas film ini diperingatkan untuk memberhentikan pamerannya.

Kepala Umum Ikatan Muslim Dunia yang berpusat di Makkah dan Madinah,  Dr. Abdullah bin Abdul Muhsin menegaskan pengharaman menyerupai Nabi Muhammad dalam dunia persenian.“ Menyerupai Nabi Muhammad sama saja dengan meremehkan kemuliaan Nabi dan mencemoohnya.” tegasnya.

Pada tahun 2010 Ikatan Muslim Dunia pernah mengeluarkan pernyataan yang melarang dan mengharamkan penokohan yang menyerupai Nabi Muhammad dan beberapa Rosul yang lain beserta para sahabat baik dalam film maupun drama-drama serial.Yang mana penokohan tersebut berpotensi untuk mengarah pada penghinaan dan merendahkan kemuliaan mereka.

Dr. Abbdullah meminta supaya pihak yang bertanggungjawab memberhentikan dan melarang pameran film ini atas beberapa alasan, salah satunya sebagaimana diungkapkan oleh beliau. “Perbuatan ini melangar perintah Allah dan juga merupakan bentuk pelecehan terhadapNabi Muhammad, merujuk kepada perkataan ulama.“

Beliau juga menghimbau kepada umat islam diseluruh dunia untuk waspada dan hati-hati terhadap perbuataan terlarang seperti ini, lebih khususnya himbauan ini diberikan kepada lembaga-lembaga informatif. Selain itu  kewajiban bagi setiap muslim untuk saling mengingatkan sesamanya bahwa hal seperti ini dilarang serta untuk tidak melakukan hal yang serupa. (ida)

*Diterjemahkan dari berita Raabithah al-‘Alam al-Islamy Tad’uu Iiraan Waqfa ‘Ardhi Film “Muhammad Rasulullah” oleh dba di portal berita Youm Sabi’, 2 September 2015

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Gubernur Kairo: Seminar dan Lokakarya Seni Budaya di Kafe Asmaraat dan Moez di Ramadhan

Ir. Atef Abdel Hamid, Gubernur Kairo mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan Kairo akan menyelenggarakan seminar dan …