Home / KSW NEWS / ◦ Almamater / Imapa Gelar Diskusi Regular Termin II

Imapa Gelar Diskusi Regular Termin II

Di pertengahan bulan maret, udara di Kairo semakin bersahabat. Hari Kamis, tepatnya tanggal 15 maret IMAPA (Ikatan Alumni Pondok Pesantren al-Asy’ariyah) Mesir menggelar diskusi regular pertama pada termin ke-2. Kegiatan ini bertempat di sekretariat IMAPA, Mustsallas H-10, Nasr City.

Hadir sebagai pemakalah Ajib Akbar Velayaty, Lc. Sedangkan yang bertidak sebagai moderator, Fahmi Akbar. Acara diskusi hari itu, diikuti oleh semua warga IMAPA Mesir. Dalam susasana yang serius, hangat dan penuh kekeluargaan, sehingga diskusi berjalan dengan baik dan lancar.

Pemakalah mengambil judul “Ushul Fiqh” dipandang dari segi historis. Dalam presentasinya, pemakalah menjelaskan bahwa pentingnya ilmu Ushul Fiqh bagi para pelajar ketika sedang mempelajari hukum-hukum syar’i. Selain itu, pemateri juga menjelaskan perkembangan Ilmu Ushul Fiqh mulai dari masa Nabi, Sahabat, Tabi’in dan Tabi’it Tabi’in. Tidak ketinggalan pula, pemateri menjelaskan siapa peletak ilmu Ushul Fiqh sampai pembukuan ilmu tersebut.

Diskusi berjalan dengan lancar menarik dan komunikatif. Peserta terlihat antusias dalam menyimak materi-materi yang disamapaikan oleh pemateri. Acara diskusi berlangsung kurang lebih 3 jam, dimulai pada pukul 16.00 CLT- 19.00 CLT. Setelah sesi pertanyaan ditanggapi oleh pemateri, akhirnya moderator menutup diskusi ini. Kemudian dilanjutkan dengan shalat maghrib berjama’ah yang dipimpin Eko Sutrisno, lc.[Baykuni]

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mulai Manuver Politik di Markas Besar, Ja’far Tanpa Koalisi?

Kairo, kswmesir.org- (4/8) Kandidat calon ketua KSW, Ja’far Shodiq Rahman, mulai bergerak cepat menjelang H-4 bursa …