Home / Uncategorised / Jurnal Himmah Tidak Penuhi Standar?

Jurnal Himmah Tidak Penuhi Standar?

Sejalan dengan ramainya perbincangan Masisir dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Jurnal Himmah termasuk bagian yang dipermasalahkan. Dr. Fahmi Lukman, M.Hum., selaku Atdikbud KBRI Cairo sempat mengkritisi jurnal Himmah diterbitkan. Alasannya, menurut beliau, Jurnal Himmah termasuk karya tulis yang tidak memenuhi standarisasi Internasional.

Sontak, kata-kata beliau dirasa menyinggung kalangan Masisir, seakan menyurutkan semangat jurnalistik yang sedang menggeliat.Hal ini  pula yang disampaikan salah satu peserta acara dengan tema “Dialog bersama bapak Atase Pendidikan dan kebudayaan KBRI Cairo”, Senin (03/11), sore hari, bertempat di Aula Griya Jawa Tengah. Perbincangan antara Masisir dan Atdik berujung pada tercetusnya beberapa klarifikasi dari pihak-pihak terkait.

Salah satunya adalah perwakilan tim redaksi Jurnal Himmah. Masih di awal acara, Roni Giat Brahmanto, selaku moderator memberikan kesempatan untuk 5 penanya. Nova burhanudin, sebagai dewan redaksi jurnal Himmah menjadi penanya kedua setelah Rifqi Arriza. Tidak lain dan tidak bukan, Nova mengutarakan keresahan yang menimpanya, begitu juga kru jurnal Himmah atas penilaian miring terhadap jurnal ini. Dia menambahkan, “Padahal apa yang ditulis Masisir itu sangat kaya akan referensi pak,” tuturnya pada sore hari itu.

Panjang lebar Fahmi Lukman menjawab dan menjelaskan alasannya atas peilaian miring tersebut. Singkatnya dalam pandangannya selaku Atdikbud jurnal Himmah dan berbagai media massa di Masisir memang belum memenuhi standarisasi international.Sehingga dibutuhkan peningkatan mutu dan profesionalisme untuk menjadikannya lebih memiliki kredibilitas.

“Perlu adanya review dalam penerbitan jurnal. Yang namanya jurnal itu butuh reviewers, karena jurnal itu bukan sekedar bunga rampai. Kalau bunga rampai sih sah-sah saja tidak ada review.” ujarnya “Sebagai contoh, coba tengok jurnal yang dikeluarkan oleh LIPI dan Dikti. Kiranya itu dapat dijadikan bahan pembanding,” beliau menambahkan. (kbu)

Tentang admin

Lihat Juga

Final CCL, Munculnya Juara Baru

Kairo, kswmesir(6/9) – Akhirnya gelaran Cempe Champions League(CCL) berakhir dengan anti klimaks. Barcelona yang mengirimkan …