Home / E-RPA / Berita RPA / Landy Jelaskan Tata Cara Pemilihan

Landy Jelaskan Tata Cara Pemilihan

Menjelang detik-detik pemilihan ketua dan wakil ketua baru KSW, anggota SC (Steering Committe) RPA KSW, Landy Trisna Abdurrahman, memberitahukan tata cara memilih yang benar, sehingga suara dianggap sah. Metode pemilihan kali ini tidak lagi menggunakan sistem contreng, melainkan dengan cara mencoblos.

“Kita dari panitia sudah mendiskusikan hal ini, dan kami sepakat untuk memakai sistem pencoblosan, dengan beberapa pertimbangan. Pertama, kita mengikuti pemilu induk yaitu pemilu nasional kemarin. Kan baik pileg maupun pilpres memakai sistem itu, jadi kita menginduk saja. Kedua, melihat pengalaman tahun kemarin, kalau dibuat sistem pencontrengan, akan ada beberapa surat suara yang rusak karena si pemilih tidak mencontreng, dan malah mencorat-coret foto gambar calon,” jelas Landy panjang lebar.

Lebih lanjut, aktivis masisir ini menjelaskan, ada tiga stempel yang tetera di kertas suara. “Tiga stempel itu, yang pertama stempel resmi KSW, itu ada di bagian depan kertas suara, kedua stempel MPA KSW di bagian belakang, dan yang ketiga stempel panitia kegiatan KSW, juga di bagian belakang. Jadi satu di depan, dua di belakang,” terangnya sambil memegang sampel kertas suara yang dianggap sah untuk dicoblos.

“Nanti kalau ada salah satu stempel yang kurang, bisa dikembalikan kertasnya ke panitia, dan akan diganti dengan yang sah. Dan kita juga akan menghadirkan saksi, untuk memeriksanya terlebih dahulu sebelum dibawa masuk ke bilik suara. Agar nantinya bisa meminimalisir suara tidak sah. Jadi ini harus benar-benar diperhatikan,” tambahnya.

Pencoblosan sendiri dianggap sah jika yang dicoblos adalah area di dalam kotak. Bisa nomor urut, bisa nama, dan bisa gambar calon ketua atau calon wakil ketua. Pencoblosan di luar kotak dianggap tidak sah. Begitu pula jika kedua kandidat dicoblos semua.

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mahdi Come Back !

Kairo, kswmesir.org – (4/3) Pesta demokrasi KSW sudah di depan mata, terlihat dari semakin sibuknya …