Home / KSW NEWS / Almamater / Madrasatul Qur’an ala IMAPA

Madrasatul Qur’an ala IMAPA

Kamis sore, (14/10/2010) Ikatan Mahasiswa Pondok Peantren Al-Asy’ariyah mengadakan agenda perdananya di sekretariat IMAPA, Hay 8. Acara perdana IMAPA ini bernama “Madrasatul Qur’an”. Yaitu, pembacaan Al-Qur’an oleh setiap peserta yang kemudian dinilai satu persatu tentang bacaan tajwidnya juga dijelaskan isi dari ayat atau surat yang telah dibaca, yang pada kesempatan itu mengambil surat Yusuf.

Ini merupakan agenda baru di almamater, sehingga antusias para lulusan pondok Al-Qur’an inipun berapi–api. Acara ini menjadi terobosan baru bagi para pecinta Al-Qur’an. Terlebih bagi almmater ini yang notabenya adalah almamater yang berbasis Al-Qur’an seperti IMAPA.

Usai berjama’ah sholat ashar peserta diskusi mulai beranjak mengambil mushaf untuk memulai acara. Dengan suara yang merdu saudara Irja Nasrullah Majid membacakan ayat pertama hingga ayat ke empat belas. Dilanjutkan saudara Ajib Akbar Velayati membacakan ayat selanjutnya hingga ayat ke dua puluh dua. Dengan penuh semangat qur’ani saudara Baikuni tidak mau kalah dengan pembaca sebelumnya dan meneruskan ayat dua puluh tiga hingga ayat tiga puluh.

Suasanapun mulai senja, namun para peserta tetap semangat untuk meneruskan pembacaan ayat-ayat selanjutnya. Fahmi lubab yang sudah siap membacakan ayat selanjutnya dengan penuh semangat meneruskan ayat tiga puluh satu sampai ayat tiga puluh tujuh kemudian diteruskan oleh saudara Eko Sutrisno yang membacakan ayat selanjutnya hingga ayat empat puluh tiga dengan penuh penghayatan.

Giliran ustadz Faiz pun tiba yang membacakan ayat empat puluh empat hingga ayat lima puluh dua dengan suaranya yang merdu dan tartil. Diteruskan saudara Jamaluddin yang membacakan ayat selanjutnya sampai ayat enam puluh tiga.Terbacalah setangah surat yusuf. Namun, semangat IMAPA tetap mengalir untuk meninyimak teman-teman yang belum mendapat giliran membaca. Melajutkan ayat selanjutnya, saudara Burhan tidak menyia-nyiakan waktu yang sudah diberikan untuknya. Sampailah membacakan hingga ayat enam puluh sembilan. Diteruskan oleh saudara Fajar yang membacakan ayat tujuh puluh hingga ayat seratus tiga dan diakhiri saudara Machasin yang membacakan ayat selanjutnya hingga ayat terakhir surat yusuf.

Setelah selesai pembacaan Al-Qur’an oleh setiap peserta, acara dilanjutkan dengan penilaian bacaan, dan setiap orang wajib berkomentar akan apa yang sudah didengarkan dalam penbacaan surat tersebut untuk mengetahui kekurangan dalam pembacaan ayat-ayat yang dibacakan.

Kemudian acara dilanjutkan sholat maghrib. Setelah itu, acara dimulai dengan pemaparan isi kandungan surat yusuf yang disampaikan oleh sauadara Irja Nasrullah Majid dan dilanjutkan dengan tanggapan teman-teman yang lainnya. Sebelum berakhir ustadz Faiz Husaini menambakan tentang inti kandungan surat yusuf dan sedikit menjelaskan tentang balâghah dalam surat yusuf tersebut.

Acara Madrasatul Qur’an ini sangat mendukung untuk mendalami isi dalam al-Qu’an, baik secara bacaan maupun isi kandungannya. Acara di akhiri dengan foto bersama dan jama’ah sholat isya’.[]

Add comment

Name (required)

Website

JComments

Tentang admin

Lihat Juga

Mulai Manuver Politik di Markas Besar, Ja’far Tanpa Koalisi?

Kairo, kswmesir.org- (4/8) Kandidat calon ketua KSW, Ja’far Shodiq Rahman, mulai bergerak cepat menjelang H-4 bursa …