Home / masisir / Mahasiswa Indonesia Raih Gelar Doktoral Al-Azhar dengan Predikat Summa Cumlaude

Mahasiswa Indonesia Raih Gelar Doktoral Al-Azhar dengan Predikat Summa Cumlaude

Kairo, kswmesir.org (23/08) Nama Indonesia kembali harum di dunia pendidikan, Minggu 23 Agustus 2015 seorang warga Indonesia meraih gelar Doktoral dari universitas tertua kedua di dunia Universitas Al-Azhar, Kairo.

Mahmudi Muchson, pria asal Kudus ini mendapatkan predikat summa cumlaude dalam bidang ushul fikih setelah sebelumnya melakukan sidang selama kurang lebih enam jam. Dimulai dari sekitar pukul 13.00 waktu Kairo sampai pukul 19.00 malam.

Disertasi dengan judul  “Takhrij Al-fatawa Al-Maushiliyyah Li Sulthan Al-Ulama’ Al-Izz bin Abd As Salam Ala Al-Qowaid Al-Ushuliyyah” tersebut dibawah bimbingan langsung Prof. Dr. Muhammad Muhammad Abd Al-latif Jamaluddin, Guru Besar Ushul Fiqh Fakultas Syariah wa Al-Qonun, Al-Azhar Kairo.

Tidak hanya itu saja, dalam penulisan disertasinya, Mahmudi juga mendapatkan bimbingan langsung dari rektor Al-Azhar sebagai pembimbing keduanya, Prof. Dr. Abdul Hay Azb Abdul Aal, yang juga Guru Besar Ushul Fiqh Fakultas Syariah wa Al-Qonun Al-Azhar Kairo.

Dalam sambutannya rektor Al-Azhar mengajak kepada semua mahasiswa Indonesia baik yang masih kuliah S1 maupun pasca-sarjana, untuk selalu membawa dan menyebarkan ajaran Al-Azhar yang toleran dan wasatiyah atau tengah-tengah ketika pulang ke Indonesia nanti.

Selama sidang berlangsung, berbagai kritikan diluncurkan oleh penguji pertama Prof. Dr. Faruq Ahmad Husen Abu, salah satunya  mengkritisi mengenai penggunaan diksi dan kata-kata yang kurang sesuai. Guru Besar Ushul Fiqh Fakultas Syariah wa Al-Qonun Al-Azhar Damanhur tersebut juga menyoal pembahasan yang bertele-tele dalam disertasinya.

Adapun penguji kedua Prof. Dr. Mahmud Abdur Rahman Abdul Mun’im, Guru Besar dan Ketua Jurusan Ushul Fiqh Fakultas Syariah wa Al-Qonun Al-Azhar Kairo banyak mengkritisi soal banyaknya kesalahan dalam penggunaan dhomir atau kata ganti.

Sidang tersebut juga dihadiri oleh perwakilan KBRI Kairo dan 150an orang mahasiswa Indonesia di Mesir. (6)
foto by : Asrizal Mustofa

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mahasiswa Pascasarjana Asal Jawa Tengah Raih Gelar Magister Usul Fikih

Mahasiswa pascasarjana jurusan Usul Fikih, Ahmad Munafidzul Ahkam  meraih predikat Jayyid Jiddan pada sidang tesis …