Home / Agenda / Mahasiswa Pascasarjana Asal Jawa Tengah Raih Gelar Magister Usul Fikih

Mahasiswa Pascasarjana Asal Jawa Tengah Raih Gelar Magister Usul Fikih

Mahasiswa pascasarjana jurusan Usul Fikih, Ahmad Munafidzul Ahkam  meraih predikat Jayyid Jiddan pada sidang tesis kemarin Kamis (26/4), di Gedung Fakultas Syariah, Darrasa, Kairo.

Sidang dimulai pukul 10.00 CLT dan selesai pada pukul 13.00 CLT. Dalam sidang tersebut, Mas Ahkam ditemani satu dosen pembimbing, Prof. Dr. Ahmad Mukhtar Mahmud (Guru Besar Usul Fikih Fakultas Dirosat Islamiyah Putra Universitas al-Azhar Kairo), dan diuji oleh dua dosen, Prof. Dr. Ramadhan Muhammad Ied Hitaymy dan Prof. Dr. Abdul Maula Musthafa at-Thalyway, yang merupakan guru besar Usul Fikih di Universitas al-Azhar Zagazig dan Kairo.

Diperkirakan ada 50 audien hadir dalam sidang tersebut. Mulai dari kerabat, perwakilan senat, perwakilan almamater, perwakilan kekeluargaan, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Menurut salah satu audien, Muhidurrohman, “Sidang berjalan cukup lancar. Hal-hal yang dikritisi penguji itu terkait diksi-diksi yang dipakai dalam tesis tersebut. Mungkin lantaran tesis saudara Ahkam membahas kitab Usul Fikih karya ulama Syiah Zaidiyah, tema yang jarang dikaji oleh mahasiswa pascasarjana di Universitas al-Azhar,” terangnya saat diminta testimoni.

Muhid menambahkan, “Pada 2015 lalu kita menjumpai Pak Mahmudi dengan gelar doktornya, tahun ini Mas Ahkam mencatatkan diri sebagai lulusan pascasarjana Usul Fikih asal Jawa Tengah yang ke sekian kalinya. Dan saya pikir 3 tahun adalah jeda waktu yang cukup singkat untuk melahirkan kembali pascasarjana Usul Fikih, khususnya warga Jawa Tengah.” (Anas_Kun)

 

Tentang admin

Lihat Juga

Mahasiswa Al Azhar Asal Banyumas Raih Gelar Magister Dengan Predikat Mumtaz

Mahasiswa Asal Banyumas, Antoni Oktavian, resmi menyandang gelar Magister Universitas Al Azhar dengan predikat mumtaz, …