Home / TIMTENG / Mantan PM Jordania: “Keadaan Arab dan Islam tidak Berjalan sebagaimana mestinya”

Mantan PM Jordania: “Keadaan Arab dan Islam tidak Berjalan sebagaimana mestinya”

Selasa ini (23/10) merupakan hari kedua simposium internasional Al-Azhar di ACC (Al-Azhar Conference Center). Youm7.com melansir hari ini ada tiga sesi dan tiga topik yang dilakoni para partisipan dari berbagai negara.

Pada sesi diskusi terkait isu “Nasionalisme, Kebangsaan, dan Kedudukan Agama”, mantan PM Jordania Thahir Masri mengatakan umat Islam sebetulnya mengetahui apa saja kelemahannya dan menyaksikan sendiri bagaimana hal itu makin parah. Nahasnya, mereka tidak bersegera membenahi masalah tersebut.

Usai menyampaikan testimoninya, pria berdarah Palestina ini menyerukan umat Islam agar memiliki misi bersama yang jelas; berani melakukan sebuah reformasi, seperti dalam hal hubungan antara agama dan negara. Begitu pula dengan reformasi dalam bidang lain seperti reformasi politik, sosial, dan ekonomi.

Dengan adanya reformasi besar-besaran, maka Islam dan pemeluknya dapat mengiringi perkembangan dunia yang begitu cepat berubah. Oleh karena itu, mereka tidak boleh berdiam saja, justru harus menghadapi perubahan itu dengan cara yang tepat.

Pada kesempatannya berorasi di simposium bertopik “Islam dan Barat”, sarjana Administrasi Bisnis di North Texas University ini menegaskan bahwa sarjana Islam harus menjalankan fungsi dan tugasnya, kemudian mempelajari apa saja yang memang perlu dari barat.

Adapun kepada masyarakat Islam pada umumnya, mereka harus menjalankan tugasnya pula, seperti mengutuk keras perampasan hak Palestina oleh Yahudi. Terakhir, cendekiawan Jordania ini berpesan kepada seluruh umat Islam agar tidak tingal diam menyaksikan segala kebobrokan saat ini, sebab, diamnya mereka merupakan salah satu biang masalah antara dunia Islam dan Barat.

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Peraturan Pengambilan Gambar dan Video di Muiz Street Resmi Dibatalkan

Kairo, kswmesir.org – Pekan lalu (5/11), calon wisatawan domestik (Mesir) maupun mancanegara dikejutkan oleh berita …