Home / masisir / Masisir Dapat Salam dari Pak Alwi

Masisir Dapat Salam dari Pak Alwi

Kairo, kswmesir.org (09/08) – Beberapa hari yang lalu publik dunia dicengangkan oleh Mesir dengan dibukannya terusan Suez baru. Berbagai manfaat bisa didapat dari dibukanya terusan ini, salah satunya adalah jarak tunggu untuk melintas dari laut merah ke laut tengah menjadi lebih singkat. Dari sebelumnya 18 jam menjadi 11 jam.

Terusan yang dalam pembangunannya menghabiskan sekitar 8 miliar dolar tersebut resmi dibuka pada Kamis, 6 Agustus lalu, dengan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari negara sahabat. Salah satunya dari Indonesia, yang dalam hal ini diwakili oleh Prof. Dr. Alwi Syihab.

Alwi Syihab dalam jumpa persnya mengatakan, Indonesia akan mendapatkan keuntungan sangat banyak, di antaranya kecepatan distribusi ke konsumen, juga ongkos transportasi menjadi lebih sedikit.

Harapan kedepannya, dengan adanya keuntungan ini Indonesia mampu meningkatkan kerjasama antara kedua negara dan dapat meningkatkan volume ekspor ke berbagai penjuru dunia.

Menurutnya, Indonesia dapat menjalin kerjasama lebih mendalam dengan Mesir dalam bidang pupuk. Mesir mempunyai cadangan fosfat, sebagai bahan pupuk, dalam jumlah yang banyak. Sedangkan Indonesia memiliki cadangan barutabara sangat melimpah sebagai bahan baku pembuatan pupuk.

Selain itu, menteri luar negeri era Gus Dur tersebut memuji pemerintahan Mesir sekarang, karena cepatnya penyelesaian mega proyek New Canal Suez. Proyek yang menurut para konsultan bisa diselesaikan antara tiga hingga lima tahun ini, ternyata mampu disulap dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Tidak hanya itu saja, dukungan dari masyarakat Mesir juga patut diacungi jempol. Pendanaan mega proyek New Canal Suez ini melibatkan masyarakat Mesir secara keseluruhan. Pemerintah menerbitkan surat obligasi dan kemudian publik Mesir dapat memilikinya.

Masisir Dapat Salam dari Pak Alwi

Disela-sela kesibukan mempersiapkan kunjungannya kemarin, Pak Alwi, begitu ia disapa, menyempatkan diri menyapa mahasiswa Indonesia di Mesir. Dalam sambutannya, Pak Alwi menyampaikan kepada Masisir untuk lebih giat dan semangat dalam belajar, serta mengajak mereka agar segera menyelesaikan studinya.

Menurutnya, publik Indonesia sangat mengharapkan sumbangsih mahasiswa, lebih khususnya mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir.

Berikut video pesan Prof. Alwi Syihab kepada Masisir (6)

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mahasiswa Pascasarjana Asal Jawa Tengah Raih Gelar Magister Usul Fikih

Mahasiswa pascasarjana jurusan Usul Fikih, Ahmad Munafidzul Ahkam  meraih predikat Jayyid Jiddan pada sidang tesis …