Home / TIMTENG / Mesir Cengangkan Dunia dengan Terusan Suez Barunya

Mesir Cengangkan Dunia dengan Terusan Suez Barunya

Kairo, kswmesir.org (6/8) Hari ini, Kamis, 6 Agustus, publik Mesir berbahagia. pembukaan terusan Suez yang baru menjadi penyebabnya. Berbagai spanduk ucapan selamat membentang di berbagai jalanan utama Kairo. Berbagai pemberitaan nasional dan internasional pun dilakukan selama berhari-hari secara masif.

New canal suez yang mempunyai kedalaman 24 meter ini diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Menurut informasi yang diperoleh dari konsultan proyek terusan Suez tersebut, normalnya terusan ini dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun. Akan tetapi pada kenyataannya hanya dibutuhkan kurang dari satu tahun, terhitung sejak Agustus tahun lalu.

Hal tersebut cukup mendapat acungan jempol dari dunia internasional. Karena selain pendeknya waktu penyelesaian proyek, juga dikarenakan manfaat yang akan dirasakan oleh seluruh warga dunia, dimana distribusi barang akan menjadi lebih singkat.

Dengan dibukanya terusan Suez baru, waktu tunggu yang dibutuhkan kapal-kapal untuk melewati terusan ini menjadi lebih sedikit, dari sebelumnya 18 jam menjadi 11 jam.

Biasanya, total kapal yang melintas setiap harinya adalah 49 unit. Namun dengan selesainya proyek yang mempunyai dua jalur ini, ditargetkan dapat menambah lalu lalang kapal menjadi 97 unit, dengan target pendapatan 13,2 milyar dollar sampai tahun 2023 nanti, dari sebelumnya hanya 5,3 milyar dollar.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proyek ini, dapat dilihat video berikut yang redaksi ambil dari youtube. (6)

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Gubernur Kairo: Seminar dan Lokakarya Seni Budaya di Kafe Asmaraat dan Moez di Ramadhan

Ir. Atef Abdel Hamid, Gubernur Kairo mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan Kairo akan menyelenggarakan seminar dan …