Home / masisir / Prof Muhibbin : Saya Menulis itu Seperti Saya Makan

Prof Muhibbin : Saya Menulis itu Seperti Saya Makan

Kelompok Studi Walisongo (KSW) kerjasama bersama ATDIK kemarin (23/2) menyelenggarakan seminar ilmiah bersama Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Muhibbin, M.Ag, Wakil Rektor I Dr. H. Musahadi, M.Ag dan Wakil Rektor III Prof. Dr. H. Suparman, MA, sebagai nara sumber.

Turut hadir pula dalam acara ini, perwakilan Parlemen Wafidin dan perwakilan dari KBRI oleh ATDIK, bapak Usman Syihab, beberapa pejabat KBRI dan sekitar 170 an dari masisir. Acara seminar dibuka  jam  18.00 sore waktu setempat dan berakhir pada jam 22.30 malam.  

Seminar ilmiah ini mengambil tema ” Reinterpretasi Paham Sekte Dalam Islam “. Prof. H. Muhibbin sebagai nara sumber pertama menjelaskan asal mula terjadinya sekte dalam Islam. Bermula dari padangan politik yang berbeda dari Khalifah Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyah dalam menyikapi pemubunuhan Khalifah Usman.  Pandangan berbeda dari dua tokoh sahabat Nabi ini menyebabkan pecahnya golongan Islam yang tidak memihak mereka kedua. Kelompok ini mengatasnamakan dirinya dengan Khawarij. Dan kemudian merencanakan pembunuhan pula kepada Khalifah Ali dan Muawiyah di waktu shalat subuh. Akan tetapi rencana pembunuhan ini hanya berhasil kepada Khalifah Ali dan tidak berhasil kepada Muawiyah. Malapetaka inilah yang menjadikan sekte-sekte dalam Islam mulai berkembang. 

Namun, selain beliau menjelaskan sedikit banyak tentang fenomena munculnya sekte dan perbedaannya,  beliau juga menceritakan banyak pengalaman dalam hal tulis menulis.

Bagi beliau, menulis sudah menjadi kebutuhan sehari hari. Bahkan, beliau juga membiasakan terhadap dirinya untuk menulis satu artikel tiap harinya.

“Menulis, bagi saya itu sudah seperti makan,” begitulah apa yang disampaikan Prof. Muhibbin tadi malam.

Sang narasumber juga menyampaikan bahwa menulis itu tidak akan lepas dari membaca. Beliau menambahkan, cara membaca yang baik adalah dengan menuliskan kembali dengan sudut pandang sang pembaca terhadap apa yang telah ia baca.

Beliau juga mengajak kepada semua mahasiswa untuk ikut tertantang dengan keadaan zaman sekarang yang serba digital. (96)

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mahasiswa Pascasarjana Asal Jawa Tengah Raih Gelar Magister Usul Fikih

Mahasiswa pascasarjana jurusan Usul Fikih, Ahmad Munafidzul Ahkam  meraih predikat Jayyid Jiddan pada sidang tesis …