Home / masisir / Rangkuman Talkshow Bareng Wakapolri dan Prof. Komaruddin
Dokumen Pribadi Rasyid Abdurrahman

Rangkuman Talkshow Bareng Wakapolri dan Prof. Komaruddin

Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia (IAAI) bekerjasama dengan PPMI Mesir mengadakan talkshow bertajuk “Masa Depan Indonesia di Tangan Pemuda Islam” pada Minggu (13/5). Dua pembicara dari Indonesia,  Komjen Pol Syafrudin dan Prof. Dr. Komaruddin Hidayat hadir pukul 11.00 CLT didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir, Drs. Helmy Fauzi.

Kurang lebih 500 peserta memenuhi auditorium Markaz Lughah Syekh Zaed, Hay Sadis, Madinat Nasr, Kairo. Sebagai pembuka, Pangeran Arsyad Ihsanulhaq, selaku moderator mengawali talkshow dengan pertanyaan, “ke mana arah pemuda islam kita dan bagaimana membangun indonesia?” dan berhasil membakar semangat para peserta dengan yel-yel “Indonesia! Merdeka!”

Komjen Pol Syafrudin yang juga menjabat sebagai wakil ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengajak kepada seluruh pemuda Islam pada umumnya, dan mahasiswa al-Azhar khususnya untuk menyadari pentingnya peran mereka dalam menentukan masa depan Indonesia. Alasannya, Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam dan tidak akan berhenti dari proses pematangan, yang artinya akan selalu naik (kualitas kepribadiannya-red) dan berkembang.

Jenderal kelahiran Makassar ini juga sempat bercerita bahwa ketika muda, sekolah di al-Azhar merupakan keinginan beliau dan orang tua. Bahkan hingga saat ini keinginan itu belum hilang. Karena itu dia mengaku senang bisa berkumpul dengan para mahasiswa al-Azhar di Kairo.

Adapun Prof. Komaruddin dalam talkshow kemarin menyampaikan, “Islamisme, nasionalisme dan modernisme adalah pilar untuk generasi milenial saat ini. Islam diturunkan di Makkah, dipelajari di Mesir, dan diaplikasikan di Indonesia.”

Acara diakhiri dengan penandatanganan MoU antara DMI dan PPMI. Sesuai dengan topik kali ini, DMI meminta kepada PPMI untuk mengirimkan para alumni ke seluruh masjid di Indonesia. DMI juga berharap besar pada mereka untuk bisa mengabdikan ilmunya di seluruh penjuru tanah air.  

Reporter : Dian Nafi’ Siswi SMW (Sekolah Menulis Walisongo)

Editor : Furqon Khoiruddin

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Mahasiswa Al Azhar Asal Banyumas Raih Gelar Magister Dengan Predikat Mumtaz

Mahasiswa Asal Banyumas, Antoni Oktavian, resmi menyandang gelar Magister Universitas Al Azhar dengan predikat mumtaz, …