Home / TIMTENG / Sejarawan Belgia: “Terima Kasih kepada Al-Azhar dan Majelis Hukama Al-Muslimin”

Sejarawan Belgia: “Terima Kasih kepada Al-Azhar dan Majelis Hukama Al-Muslimin”

Rabu ini (24/10) adalah hari terakhir simposium internasional bertopik “Islam dan Barat: Keanekaragaman dan Integritas” di ACC (Al-Azhar Conference Center). Lansiran Youm7.com mengatakan ada dua sesi pertemuan pada hari ini. Pertama, membahas “Dialog Agama dan Dialog Masyarakat: Titik Kesamaan dan Titik Perselisihannya”. Kedua, membahas “Pendidikan Agama: Makna dan Langkahnya”.

Pada saat berorasi di sesi kedua, sejarawan Belgia Christian Kanuyor mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Al-Azhar dan Majelis Hukama Al-Muslimin yang telah mengadakan dialog konstruktif untuk merekatkan hubungan antara Islam dan Barat.

Kanuyor menjelaskan aksi kekerasan yang terjadi dewasa ini di beberapa negara telah mencoreng citra Islam dan Muslimin. Hal ini terjadi sebab ada kalangan yang berusaha memanfaatkan aksi tersebut untuk melekatkan citra teroris dan ekstremis dengan Islam.

Menurut Kanuyor, tanggung jawab untuk melawan ekstremisme dan terorisme merupakan tanggung jawab seluruh dunia. Untuk mengubah pandangan negatif terhadap Islam, dia juga menekankan pentingnya dialog serius antarnegara, seperti yang dilakukan Al-Azhar dan Dewan Senior Ulama lewat simposium internasional ini.

Kalau merunut sejarah, seperti yang disampaikan Kanuyor, selama berabad-abad Islam menolak propaganda yang menyimpang dari ajarannya dan melawan serangan-serangan yang mendemonisasi Islam dan Muslimin. Kanuyor menegaskan bahwa tuduhan-tuduhan miring akan Islam tidaklah benar dan sejarah juga mengatakan demikian. Sebagai contoh, dahulu orang-orang Kristen nyatanya dapat hidup damai dan aman di bawah naungan hukum Islam, padahal sebelum itu mereka ditindas dan dizalimi oleh penguasa saat itu.   

Sumber: Youm7.com

Tentang KSWMESIR.org

Adalah situs web yang dikelola oleh mahasiswa Al-Azhar asal Jawa Tengah dan Jogjakarta. Opininya berfokus pada isu sosial-keagamaan. Sekarang, menyajikan pula rubrik FEATURE.

Lihat Juga

Peraturan Pengambilan Gambar dan Video di Muiz Street Resmi Dibatalkan

Kairo, kswmesir.org – Pekan lalu (5/11), calon wisatawan domestik (Mesir) maupun mancanegara dikejutkan oleh berita …