Berita Terkini
Home / Uncategorised / Zulkarnaen Optimis Wisudawan Puas  

Zulkarnaen Optimis Wisudawan Puas  

Kairo, kswmesir.org – Ajang akbar “Wisuda Sarjana” dan penganugerahan “PPMI Award” yang ditunggu-tunggu Masisir semakin mendekati puncaknya. Tepatnya pada 20 Oktober 2016, Masisir akan kembali menjadi saksi keberhasilan para sarjana—baik jenjang S1, magister maupun doktoral—yang telah menyelesaikan studi mereka di Mesir, khususnya universitas Al-Azhar. PPMI Mesir membuka pendaftaran seluas-luasnya kepada para mahasiswa untuk ikut serta dalam agenda besar ini. Tidak hanya mahasiswa Indonesia saja, tetapi juga mahasiswa dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina serta beberapa negara di belahan dunia lainnya seperti Turki, Pakistan, Kazakhtan, Nigeria dan Kenya.

Sesuai prediksi, jumlah wisudawan yang akan memenuhi Al-Azhar Conference Centre tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Dari sepuluh negara yang ikut serta, 285 nama resmi terdaftar dan akan disaksikan oleh beribu pasang mata dengan atribut khas “Azharian”. Tercatat sebanyak 232 wisudawan dan wisudawati dari Indonesia—yang merupakan target utama diselenggarakannya acara ini, 29 dari Thailand, 7 Malaysia, 6 Filipina, 5 Pakistan, 2 Turki, dan masing-masing 1 wisudawan dari Singapura, Kazakhtan, Nigeria, serta Kenya. Kali ini, hanya ada 1 wisudawan non-azhari—bukan lulusan Al-Azhar, yang berasal dari universitas Kairo, juga hanya terdapat 2 wisudawan lulusan magister—sisanya S1—dan tidak semua peserta wisuda lulusan tahun ini, ada 3 wisudawan lulusan tahun lalu.

Yang spesial dari tahun ini, karena kesediaan Duta Besar LBBP Indonesia untuk Mesir Bapak Helmi Fauzi menghadiri acara wisuda tersebut, maka PPMI Mesir berencana mengundang dubes-dubes negara kawasan Asia Tenggara dan negara-negara peserta wisuda lainnya. Hal ini sebagai bentuk realisasi dari permintaan wisudawan asing yang sempat tertunda dikarenakan tahun lalu dubes Indonesia sendiri tidak bisa hadir, secara otomatis PPMI tidak siap mengundang dubes-dubes negara lain. Tidak hanya itu, Grand Syekh Al-Azhar juga dikabarkan akan hadir beserta kibaarul masyayikh lainnya seperti Syekh Zakky, Syekh Muhanna, Syekh Hisyam Kamil, Syekh Ala’, Syekh Usamah dan tak lupa para ‘amid kuliah dan rektor-rektor universitas lain.

Untuk PPMI Award, ada beberapa nominasi baru yang masuk ke dalam list PPMI Award tahun 2016 ini, di antaranya penghargaan kepada wisudawan terbaik di tiap fakultas. Ditambah adanya kategori kekeluargaan terbaik dalam berbagai bidang, misalnya kekeluargaan terbaik dalam bidang olahraga, seni dan budaya, bidang akademi dan pendidikan, kajian, dan lain sebagainya.

“Kita ingin PPMI Award tahun ini benar-benar terkonsep dengan rapi, baik, bukan sekedar asal-asalan dan formalitas saja. Penilaian harus lebih detail dan teliti dengan memaparkan unsur apa saja yang dinilai beserta sebab-sebabnya, sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi. Kita juga menghendaki transparansi dalam hal ini, bukan hanya hal keuangannya saja,” papar Zulkarnaen Harits selaku ketua panitia Wisuda Sarjana 2016 kepada tim kswmesir.org.

Zulkarnaen juga menyoroti kinerja panitia dengan menambah kemandirian mereka. Dua tahun lalu mulai mandiri perlengkapan, tahun ini ditambah mandiri fotografi—tidak mengandalkan organisasi tertentu—yaitu dengan melakukan perekrutan fotografer-fotografer handal dari kalangan Masisir sendiri. Dengan bergabungnya mereka dalam kepanitiaan, diharapkan juga dapat menjadikan bakat dan kemampuan mereka semakin terasah. Pengoptimalan SDM Masisir yang ada merupakan salah satu bentuk pembenahan kinerja kepanitiaan secara bertahap. Dengan ini, diharapkan kinerja akan semakin membaik, semakin konkrit sehingga acara besar itu dapat berjalan sebagaimana mestinya dan bisa membuat para wisudawan dan semua yang hadir puas dan tersenyum.

“Semua itu tidak akan bisa tercapai tanpa doa dan jerih payah kita bersama-sama, itu yang perlu saya tekankan,” tutur Zulkarnaen menutup wawancara. (silde_)

Lihat Juga

Pendaftaran Capres dan Cawapres Resmi Ditutup

Kairo, kswmesir.org – Setelah adanya penambahan waktu hingga Senin (25/07) pukul 00.00, panitia Pemilu Raya …